Get For Free

GetForFree Situs, Situs Yang Memberikan Informasi Lowongan Pekerjaan,Download Film,dan Tourism in Indonesia

Subscribe
Add to Technorati Favourites
Add to del.icio.us
Selasa, 28 Juli 2009

Menyiasati Saat Terjebak Akismet

Diposting oleh Wisnoe

Mungkin anda pernah mengalami rasa kesal ketika setiap kali memberikan komentar di sebuah Blog, selalu muncul pesan "komentar Anda sedang menunggu moderasi". Jika itu terjadi hampir semua blog yang anda kunjungi, brarti anda terjebak oleh Akismet, atau dianggap SPAM oleh Akismet.

Sebetulnya, tidak ada sumber resmi yang menyebutkan bagaimana sebuah komentar masuk Akismet SPAM, apa penyebabnya dan bagaimana solusinya. Dalam situnya, Akismet hanya mengatakan "runs hundred of tests on the comment and returns a thumbs up or thumbs down", atau maksudnya Akismet menggunakan ratusan tes untuk mengkategorikan sebuah komentar SPAM atau bukan. Komentar yang dikategorikan SPAM akan masuk blacklist Akismet.

Blacklist
Biasanya yang diblack-list adalah alamat URL dan email, jadi setiap kali komentar dengan menyertakan email dan URL yang sudah diblacklist, maka komentar kita dikategorikan SPAM oleh Akismet, tetapi jika komentar tanpa memasukan email atau URL, komentar akan lolos. bahkan terkadang IP Adress bisa juga terkena blacklist oleh Akismet.

Penyebab
Penyebab komentar akan dianggap sebagai spam bisa karena terlalu sering mengirim komentar. Misalnya, anda membuka 10 blog sekaligus dalam satu browser, kemudian memberikan komentar pada 10 blog tersebut dalam waktu kurang dari 5 menit. Ternyata hal seperti itu berakibat fatal, komentar anda akan dikategorikan sebagai SPAM.
Ada juga sebab lain yaitu menyertakan link dalam berkomentar. Biasanya pembaca yang mengalaminya akan mengirimkan kemontar kedua didalamnya tidak terdapat link

Solusi
jika kita pembaca pernyataan Akismet:"in the lucky event something gets incorectly identified as spam you can correct it and it submitd the 'false positive' back to Akismet for analysis and improvement of our system". Ini dapat disimpulkan bahwa sistem Akismet dapat diperbaiki dengan adanya 'false positive' atau sebuag komentar yang terjadinya dianggap SPAM oleh Akismet, kemudian direcover oleh pemilik blog tersebut.

Jadi, apabila anda terlanjur terjebak dalam Akismet, buatlah komentar di blogyang pemiliknya masif aktif (bisa dengan melihat tanggal posting terakhir). Komentar anda jangan berupa iklan agar pemilik blog merecover komentar Anda. Nah,dengan recover itu, maka nama baik anda akan dikembalikan oleh Akismet. Lebih kurang butuh sekitar 20 komentar agar anda di-recover,tetapi ingat, jangan terlalu sering memberi komentar. Anda juga bisa menghubungi pemilik blog via email agar komentarnya direcover.

0 komentar:

Posting Komentar